Menggunakan website yang baik dan profesional dalam ber jualan online adalah termasuk hal yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis online.
Website atau blog adalah toko kita, etalase kita dan representasi dari produk yang kita jual dan sekaligus diri kita sebagai penjual. Meski banyak penyedia jasa blog gratis yang bisa kita gunakan (seperti blogspot), sangat dianjurkan agar kita menggunakan web yang berbayar karena hal ini akan memberikan kesan keseriusan dan profesionalitas kita sebagai penjual kepada calon konsumen. Website yang kita pakai juga harus memiliki desain yang memudahkan calon konsumen untuk melihat produk yang kita tawarkan. Sebaiknya kita tidak mendesain website kita terlalu berlebihan juga sehingga menguntungkan calon konsumen yang berkunjung ke toko online kita. Hal ini biasa disebut dengan "navigasi" web atau blog.
Berikan informasi yang jujur dan mencukupi tentang produk yang dijual
Sebisa mungkin kita cantumkan informasi selengkap-lengkapnya tentang produk yang kita tawarkan. Baik tentang spesifikasi produk, harga yang kita tawarkan dan yang paling penting adalah foto atau gambar produk. Jualan online tidak diperlukan pembeli untuk kepentingan barang yang kita tawarkan, jadi informasi yang detail akan membantu calon pembeli untuk lebih bisa melihat produk kita. Dan yang lebih penting dari itu adalah "kejujuran", informasi yang kita berikan harus benar-benar sesuai dengan barang yang ditawarkan.
Berikan informasi tentang bagaimana transaksi bisa dilaksanakan
Pada umumnya penyerahan barang dalam metode jualan online dilakukan dengan menggunakan jasa pengiriman barang. Untuk itu penting bagi kita untuk mencantumkan daftar harga jasa pengiriman barang ke kota atau lokasi yang kita layani. Berikan juga informasi mengenai produk berat yang kita jual. Hal ini agar agar bisa bayar biaya pengiriman yang harus ditanggung jika produk yang kita tawarkan. Jelaskan juga tentang ada tidaknya dan bagaimana yang kita tawarkan berikut ini.
Informasi waktu pelayanan jualan online
Toko online memberikan kesan kita buka dan mampu melayani pembeli 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Kalau kita bisa melakukan hal tersebut tidak masalah, yang jadi soal adalah jika kita belum mampu melayani calon pembeli setiap saat selama 24 jam penuh. Maka ada batas kita mencantumkan jam atau kapan kapan kita bisa melayani calon konsumen. Hal ini penting untuk menghapus kesan "lambat" yang muncul jika kita tidak selalu bisa merespons permintaan atau pertanyaan saat itu juga jangan kita ktakan selalu siap 24 jam sehari.
Demikian lah langkah-langkah cara dan tips untuk menarik pelanggan toko online.
Komentar